MENU

[OPEN RECRUITMENT] ITS International Office Volunteer SEASON 8

OPRECS8

"Doing nothing for others is the undoing of ourselves"

-Horace Mann-

Selamat datang di laman resmi Open Recruitment Volunteer ITS International Office Season 8!

Sebelum masuk ke alur pendaftaran, yuk disimak dulu pengenalan volunteer IO berikut ini.

Apa latar belakang dibentuknya volunteer IO?

Pada tahun 2012, Dr. Maria Anityasari menginisiasi open recruitment volunteer yang berasal dari mahasiswa aktif ITS. Volunteer dimaksudkan untuk membantu jalannya kegiatan yang ada di IO. Hal itu menjadi awal perjuangan ITS IO untuk mewujudkan visi ITS menjadi World Class Research University. 

Apa itu volunteer IO?

Volunteer bukanlah organisasi kemahasiswaan. Sesuai dengan tujuannya, volunteer membantu program kerja yang diadakan oleh ITS IO. Susunan sistem volunteer di ITS IO adalah sebagai berikut: Koordinator Volunteer kemudian 3 divisi yang memiliki jobdesc yang berbeda. Divisi tersebut adalah Divisi Media and Information, Divisi Internationalization and Development, dan Divisi Hospitality for International Students. Selain tugas-tugas divisi, volunteer juga berkewajiban untuk piket 2 kali dalam satu minggu dan memiliki peran dalam program kerja ITS IO.

Divisi Media and Information

Divisi Media dan Informasi (Medfo) mempunyai tugas utama yang berhubungan dengan manajemen media dan informasi. Divisi Medfo menyebarkan informasi ke seluruh internal ITS mengenai kesempatan outbound (kesempatan untuk go abroad) dan kegiatan inbound (kegiatan yang melibatkan partner dari luar dan internal ITS). Informasi tersebut disampaikan melalui media resmi ITS IO dalam berbagai cara seperti poster, foto, atau video. Selain tugas utama tersebut, Medfo juga bertanggung jawab atas promotion kit sebagai merchandise untuk universitas partner, short program, atau bisa dijual ke internal ITS.

Divisi Internationalization and Development (ID)

Tanggung jawab utama volunteer divisi ID adalah menyelenggarakan workshop, memfasilitasi kunjungan dari universitas luar negeri, memperbaharui informasi kesempatan beasiswa dan kesempatan internship di luar negeri sekaligus menyebarkan informasi tersebut kepada seluruh mahasiswa ITS. Selain itu, volunteer divisi ID juga memfasilitasi peningkatan soft skills dan pengetahuan mahasiswa ITS agar siap menghadapi tantangan global melalui program-program, pelatihan, sekaligus melakukan pemetaan kompetensi mahasiswa ITS sebagai salah satu usaha yang dilakukan untuk mewujudkan visi ITS yakni menjadi universitas riset kelas dunia.

Divisi Hospitality for International Students

Fokus utama dari divisi Hospitality for International Students adalah pelayanan ITS terhadap mahasiswa dan tamu internasional demi mendukung visi ITS menjadi universitas riset bereputasi internasional. Salah satu tugas pokok divisi ini adalah membantu mahasiswa internasional dalam beradaptasi selama menempuh pendidikan di ITS. Beberapa program kerja divisi ini adalah menyelenggaraan kelas bahasa Indonesia untuk mahasiswa internasional, menyelenggarakan kelas tari, mengadakan city tour dan out of town trip, mengadakan kegiatan antara mahasiswa internasional dan lokal, membantu mahasiswa internasional dengan urusan imigrasi, dan lmerencanakanain – lain. Selain memberi manfaat untuk mahasiswa asing, divisi ini bekerja dengan cara meningkatkan interaksi antara akademika ITS dengan mahasiswa internasional sehingga atmosfer internasional dapat dirasakan oleh seluruh warga ITS. 

Apa saja manfaat menjadi seorang volunteer IO?

Di ITS International Office, volunteer dapat melatih leadership, tanggung jawab, dan kemampuan komunikasi dari setiap tugas yang didapatkan. Selain itu, volunteer diberikan tuntunan pengembangan diri (self-development) yang diberikan secara berkala. 

Di balik pintu ITS International Office, selalu ada hal yang bisa dipelajari. Jadilah bagian dari kami dan dapatkan banyak ilmunya dengan mendaftarkan dirimu menjadi Volunteer ITS IO Season 8!

 

Apa saja persyaratannya?

Pastikan kamu memenuhi semua persyaratan berikut:
1. Mahasiswa aktif Institut Teknologi Sepuluh Nopember angkatan 2016 dan 2015
2. Sedang menempuh pendidikan:

a. D3 tahun ke-1

b. D4/S1 tahun ke-1 dan ke-2

c. S2 tahun ke-1

3. Mampu bekerja di bawah tekanan
4. Berkeinginan untuk mengembangkan diri selama menjadi Volunteer ITS IO
5. Siap menaati tata tertib dan peraturan di ITS IO

Apa saja dokumen yang dibutuhkan?

Lengkapi persyaratan-persyaratan di atas dengan mengumpulkan berkas-berkas berikut:
1. Transkrip IPK ter-update
2. Sertikat Kemampuan Bahasa Inggris (TEFL/TOEFL/IELTS)
3. Pas Foto warna ukuran 3 x 4
4. Portofolio andalan (untuk pendaftar Divisi Media dan Informasi)
6. Mengisi formulir pendaftaran online
Upload semua berkas dalam satu folder Google Drive email pribadimu dan sertakan link-nya saat mengisi formulir pendaftaran online.

Volunteering FAQ at ITS International Office dapat dilihat di: bit.ly/faq_IO

Kisi-kisi soal tes tulis dapat dilihat di:

Akses IOpener dan ITS Profile dengan mengetik dikolom searchbar di international.its.ac.id.

dan share.its.ac.id lalu masuk ke materi umum.

Timeline Open Recruitment:

Stage 1

Pengisian formulir pendaftaran online: 17 Februari 2017 – 24 Februari 2017

diperpanjang hingga hari Jum'at 3 Maret 2017

Stage 2 Tes tulis: to be announced
Stage 3

Project briefing: to be announced

Stage 4

Wawancara: to be announced

Stage 5

OJT:  to be announced

 

Sudah siap?

Daftar-01